PENGENALAN KONSEP HIMPUNAN FUZZY DALAM MENDUKUNG LITERASI SAINS DAN NUMERASI

Authors

  • Yulia Resti Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Des A. Zayanti Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Endang S. Kresnawati Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Ning Eliyati Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Irsyadi Yani Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.51630/jps.v4i1.180

Keywords:

Himpunan Fuzzy, Literasi Numerasi, Literasi Sains

Abstract

Literasi sains dan numerasi diperlukan masyarakat modern untuk menghadapi berbagai permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sayangnya berdasarkan tes PISA, literasi sains dan numerasi anak-anak Indonesia tergolong sangat rendah. Guna mendukung literasi sains dan numerasi, pada kegiatan ini, konsep himpunan fuzzy dikenalkan kepada siswa-siswa SMA-SMK Kartini Palembang. Penguasaan tentang konsep keanggotaan himpunan secara umum (himpunan crisp) dan keanggotaan himpunan fuzzy beserta contoh nyata dalam kehidupan sehari-hari diberikan kepada siswa untuk memberikan kemudahan dalam memahami materi. Penilaian kemampuan diberikan dalam bentuk pra-test dan post test. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa literasi sains dan numerasi khalayak sasaran meningkat signifikan. Uji beda rata-rata kedua kelompok nilai pra-test dan post-test dengan tingkat signifikansi 5 % untuk khalayak sasaran menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki perbedaan yang signifikan, Hasil ini juga menginfomasikan bahwa rata-rata nilai post-test secara signifikan mengalami peningkatan. Artinya kegiatan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan implikasi yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan literasi dan numerasi mereka.

Downloads

Published

2025-07-08