DAMPAK PENGENALAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Ning Eliyati Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Yulia Resti Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Des Alwine Zayanti Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Endang Sri Kresnawati Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Yuli Andriani Jurusan Matematika, FMIPA Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan
  • Ali Syahbana Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah, Palembang, Sumatera Selatan
  • Irsyadi Yani Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya, Inderalaya, Sumatera Selatan

DOI:

https://doi.org/10.51630/jps.v3i1.133

Keywords:

Geogebra, Literasi Numerasi, Sekolah Menengah Atas

Abstract

Pengenalan software Geogebra dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah memungkinkan untuk mendukung kemampuan literasi numerasi mereka. Pada kegiatan ini Geogebra dikenalkan kepada siswa-siswa SMA-SMK Kartini Palembang. Penguasaan tentang konsep dasar matematika seperti sudut, garis sejajar, garis tegak lurus, garis singgung, lingkaran, persamaan, pertidaksamaan, dan fungsi merupakan pondasi dalam mempelajari materi lebih lanjut guna menunjang kemampuan litersi numerasi. Selanjutnya pengayaan diberikan kepada khalayak sasaran dengan mengenalkan Geogebra. Uji beda rata-rata kedua kelompok nilai pra-test dan post-test dengan tingkat signifikansi 5 % menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil ini juga menginfomasikan bahwa rata-rata nilai post-test belum secara signifikan mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi khalayak sasaran belum cukup memuaskan. Hasil rata-rata post-test yang mencapai nilai 70.80 dari semua peserta/khalayak sasaran juga menunjukkan bahwa kriteria dan indikator pencapaian tujuan yaitu lebih dari 80% khalayak sasaran berhasil mengerjakan semua soal pada post-tes, namun rata-rata hasil tes khalayak sasaran lebih dari 80 belum tercapai. Artinya kegiatan sejenis perlu lebih banyak lagi diadakan di sekolah tersebut.

Downloads

Published

2024-04-28