DAMPAK PENGENALAN SOFTWARE GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
DOI:
https://doi.org/10.51630/jps.v3i1.133Keywords:
Geogebra, Literasi Numerasi, Sekolah Menengah AtasAbstract
Pengenalan software Geogebra dalam pembelajaran matematika di sekolah menengah memungkinkan untuk mendukung kemampuan literasi numerasi mereka. Pada kegiatan ini Geogebra dikenalkan kepada siswa-siswa SMA-SMK Kartini Palembang. Penguasaan tentang konsep dasar matematika seperti sudut, garis sejajar, garis tegak lurus, garis singgung, lingkaran, persamaan, pertidaksamaan, dan fungsi merupakan pondasi dalam mempelajari materi lebih lanjut guna menunjang kemampuan litersi numerasi. Selanjutnya pengayaan diberikan kepada khalayak sasaran dengan mengenalkan Geogebra. Uji beda rata-rata kedua kelompok nilai pra-test dan post-test dengan tingkat signifikansi 5 % menunjukkan bahwa kedua kelompok memiliki perbedaan yang signifikan. Hasil ini juga menginfomasikan bahwa rata-rata nilai post-test belum secara signifikan mengalami peningkatan. Peningkatan kemampuan literasi dan numerasi khalayak sasaran belum cukup memuaskan. Hasil rata-rata post-test yang mencapai nilai 70.80 dari semua peserta/khalayak sasaran juga menunjukkan bahwa kriteria dan indikator pencapaian tujuan yaitu lebih dari 80% khalayak sasaran berhasil mengerjakan semua soal pada post-tes, namun rata-rata hasil tes khalayak sasaran lebih dari 80 belum tercapai. Artinya kegiatan sejenis perlu lebih banyak lagi diadakan di sekolah tersebut.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Pelita Sriwijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.