PENGEMBANGAN MODUL AJAR GAMBAR TEKNIK KELAS X DI SMK SWAKARYA PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.51630/jps.v2i2.115Keywords:
Modul ajar, gambar teknik, penelitian pengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar di kelas X program keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Pengembangan modul pembelajaran mata pelajaran gambar teknik ini dilakukan dengan metode 4D (define, desain, develop dan disseminate). Dengan menggunakan metode pengembangan 4D dapat membuat siswa lebih paham dan tahu bagaimana penggunaan modul pembelajaran gambar teknik. Untuk melihat kelayakan modul, dilakukan uji validitas oleh pakar dan uji praktikalitas oleh pengguna. Hasil pengujian memberikan nilai validitas yang dilakukan oleh validator sebesar 0,89 dengan kategori valid, sedangkan uji praktikalitas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran gambar teknik memberikan nilai sebesar 87,14% dengan kategori praktis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul belajar yang dibuat untuk mata pelajaran gambar teknik telah layak digunakan sebagai sumber belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Pelita Sriwijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.