PENGEMBANGAN MODUL AJAR GAMBAR TEKNIK KELAS X DI SMK SWAKARYA PALEMBANG

Authors

  • Eliza Bahora Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Gustina Efrianti SMK Swakarya, Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Iswahyuni Wulandari Program Studi Pendidikan Vokasional Teknologi Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidi

DOI:

https://doi.org/10.51630/jps.v2i2.115

Keywords:

Modul ajar, gambar teknik, penelitian pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses belajar mengajar di kelas X program keahlian Teknik dan Bisnis Sepeda Motor. Pengembangan modul pembelajaran mata pelajaran gambar teknik ini dilakukan dengan metode 4D (define, desain, develop dan disseminate). Dengan menggunakan metode pengembangan 4D dapat membuat siswa lebih paham dan tahu bagaimana penggunaan modul pembelajaran gambar teknik. Untuk melihat kelayakan modul, dilakukan uji validitas oleh pakar dan uji praktikalitas oleh pengguna. Hasil pengujian memberikan nilai validitas yang dilakukan oleh validator sebesar 0,89 dengan kategori valid, sedangkan uji praktikalitas yang dilakukan oleh guru mata pelajaran gambar teknik memberikan nilai sebesar 87,14% dengan kategori praktis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modul belajar yang dibuat untuk mata pelajaran gambar teknik telah layak digunakan sebagai sumber belajar.

Downloads

Published

2023-10-02